Penyerahan LHP BPK RI atas Laporan Keuangan Pemkab Kobar TA.2019

Untuk Keenam Kalinya, Pemkab Kobar Kembali Pertahankan Predikat WTP atas LHP LKPD Tahun 2019

MMC Kobar - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun Anggaran 2019. 

Opini WTP yang diterima Pemkab Kobar keenam kalinya ini diberikan pada Kegiatan Penyerahan LHP atas LKPD Tahun 2019 pada 13 kabupaten di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) secara serentak melalui Video Conference (Vicon) pada Rabu (20/5) siang.

Untuk pertama kalinya di tahun 2020 ini, penyerahan LHP LKPD Kabupaten Kobar 2019 ini dilakukan secara online dari kantor BPK RI Perwakilan Kalteng oleh Kepala BPK Perwakilan Kalimantan Tengah, Ade Iwan Ruswana SE,M.M.,CA kepada bupati di 13 kabupaten di wilayah Provinsi Kalteng. Penyerahan LHP LKPD Kabupaten Kobar 2019 dilakukan secara online ini dikarenakan di Kalteng saat ini sedang mengalami pandemi Covid-19.

Dalam sambutannya, Ade Iwan Ruswana menyampaikan bahwa fokus audit LKPD 2019 ini adalah pemeriksaan kas, baik pada Kas Umum Daerah maupun Kas Dana BOS dan BLUD. Lebih lanjut beliau menambahkan bahwa sesuai dengan amanat undang-undang diberikan waktu 60 hari sebagai masa aksi tindak lanjut atas temuan pemeriksaan.

Sementara itu di Kabupaten Kobar, kegiatan penyerahan LHP LKPD tahun 2019 melalui vicon ini dihadiri oleh Bupati Kobar, Hj Nurhidayah di ruang rapat Setda dan disaksikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Kobar, Rusdi Gozali melalui vicon di gedung kantor DPRD Kobar.

Bupati Kobar Hj Nurhidayah mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen yang telah bekerja keras sehingga Kobar dapat mempertahankan predikat WTP untuk yang keenam kalinya.

“Saya berharap, keberhasilan ini bisa dijadikan motivasi supaya ke depan kinerja Pemkab Kobar semakin lebih baik dan bebas dari korupsi. Ke depan, Pemkab Kobar akan terus berusaha agar capaian ini terjaga dan kita perketat pengawasan dan sistem pengelolaan keuangan dengan benar agar tepat sasaran,” kata Hj Nurhidayah.

Turut hadir dalam kegiatan penyerahan LHP LKPD secara online di Kabupaten Kobar ini, yakni Sekda, Kepala BPKAD Kobar, Inspektur Kobar, Kepala Bappeda, serta Kepala Bidang Akuntansi BPKAD Kobar. (bpkad kobar)